Perbedaan KLIA Express dan KLIA Transit, Kamu Harus Tahu!

by - Maret 31, 2024

 KLIA Express pasti sudah sering terdengar oleh kawan-kawan melalak cantik. Jika mau lebih efisien perjalanan dari bandara menuju pusat kota maka lebih suka memilih moda transportasi ini. Meskipun harganya memang jauh lebih mahal dibandingkan naik bus.

Ternyata akhir-akhir ini ada informasi bahwa memang bisa saja lebih hemat naik train dari bandara dan turun di pemberhentian lain sebelum KL Sentral. Kemudian, bisa dilanjutkan naik train biasa yang harganya bisa lebih murah. 

klia transit


Perbedaan KLIA Express dan KLIA Transit

Sebenarnya apa sih perbedaannya? Apakah bentuk train dari keduanya sama? Sebelumnya, Saya pun pernah mengulas mengenai cara naik KLIA Express dari bandara ke kota. Kalian bisa temukan artikelnya untuk memahami lebih lanjut langkah-langkah kemudahan naik train tersebut.

Well, hanya saja ada beberapa keluhan dari beberapa pembaca bahwa mereka ingin tahu lebih lanjut mengenai KLIA Transit. Saya mengatakan bahwa tentu saja untuk mencoba naik KLIA Transit ini akan lebih cocok buat anak muda atau memang masih punya banyak energi.

Kenapa begitu? Baiklah, kawan melalak cantik harus tahu terlebih dahulu perbedaan dari keduanya sehingga bisa memutuskan mau gunakan KLIA Express atau KLIA Transit.

klia express


Apa Itu KLIA Express?

KLIA Express adalah layanan kereta api bandar udara tanpa-henti yang berada di Kuala Lumpur, Malaysia, menghubungkan Kuala Lumpur Sentral dengan Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur Terminal 1 dan Terminal 2.

Apa Itu KLIA Transit?

KLIA Transit adalah layanan kereta api bandara yang menghubungkan Kuala Lumpur dengan Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur dan tiga pemberhentian lain, yaitu Bandar Tasik Selatan, Salak Tinggi, dan Putrajaya-Cyberjaya.

Well, setelah mengetahui tentang keduanya antar KLIA Express dan KLIA Transit. Kemudian, muncul kembali pertanyaan mengenai apa perbedaan dari kedua moda transportasi tersebut. Apakah bisa digunakan keduanya dari bandara menuju kota?

Setelah Saya membaca informasi dan sempat mencari tahu ketika berada di Kuala Lumpur beberapa bulan lalu, memang sebenarnya bentuk transportasinya sama, hanya saja tujuan, pemberhentian, jadwal serta harga yang tentu saja berbeda.

Apa Saja Perbedaan KLIA Express dan KLIA Transit?

Ada perbedaan antara KLIA Express dan KLIA Transit sehingga memang penting sekali kalian mengetahui hal tersebut. Beberapa perbedaannya adalah sebagai berikut:

1. KLIA Express hanya dari KLIA Terminal 1 dan 2 menuju KL Sentral, begitu pula sebaliknya. Sedangkan KLIA Transit itu bisa berhenti di beberapa stasiun atau perhentian, seperti Bandar Tasik Selatan, Salak Tinggi, Putrajaya dan Cyberjaya serta sebaliknya.

2. KLIA Express lebih efisien dan cepat donk karena memang tanpa henti, kalian akan non stop dalam perjalanan dan nikmati pemandangannya tanpa jeda hingga sampai di KL Sentral. Sementara untuk KLIA Transit bisa donk berhenti di beberapa perhentian dan bisa menyambung naik train lainnya yang mengarah ke KL Sentral tetapi waktunya lebih lama.

3. KLIA Express sudah pasti lebih mahal jika tujuan akhir kalian memang KL Sentral. Nah, KLIA Transit bisa lebih murah karena bisa ambil rute dari KLIA menuju Putrajaya lalu naik LRT ke arah KL Sentral. Yeah, sudah pasti jauh lebih murah sih untuk uang yang dikeluarkan.

Baiklah, itu beberapa perbedaan antara KLIA Express dan KLIA Transit. Setelah mengetahuinya pasti sudah bisa memutuskan mau naik yang mana deh.







You May Also Like

0 Comments

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.