10 Spot Foto Instagramable di Kuala Lumpur. Kunjungan Pertama ke KL Wajib Kesini!

by - Maret 03, 2024

 Spot foto instagramable di Kuala Lumpur selalu menjadi incaran para traveler, pemula yang baru pertama kali sudah dipastikan wajib mendatangi aneka tempat tersebut. Namun, bukan begitu saja karena bagi pelancong yang datang berkali-kali pun masih suka juga mengabadikan momen di tempat-tempat menarik ini.

Spot Foto Instagramable di Kuala Lumpur

Memang spot foto instagramable di Kuala Lumpur ini berdasarkan pengalaman sendiri. Berhubung sudah menginjakkan kaki ke Malaysia sejak 2016 dan hampir setiap tahun pasti ada kunjungan kesana tentu makin beragam tempat yang dikunjungi.

Kali ini, Saya sungguh tertarik untuk mengulas beragam spot foto instagramable yang ada di KL terutama bagi para pemula. Traveler pemula sering sekali mencari kata kunci spot foto instagramable di Kuala Lumpur.

spot foto instagramable kl


Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan spot foto instagramable? Pastinya beberapa kawan-kawan melalak cantik sering mendengar kata instagramable tetapi apa sebenarnya definisi dari kata tersebut. Yuk, kita ulas terlebih dahulu mengenai pengertian instagramable agar semakin semangat mau ambil foto di lokasi yang menarik.

Pengertian Instagramable

Pengertian spot foto instagramable ini merujuk pada lokasi atau objek yang sangat cocok untuk dijadikan latar belakang foto-foto yang menarik untuk diposting di Instagram. Istilah ini sering digunakan oleh pengguna media sosial, terutama para pengguna Instagram, untuk menyebut lokasi-lokasi yang memiliki estetika visual menarik dan dapat memancing perhatian pengikut.

Kategori Foto Instagramable

Beberapa hal yang berhubungan dan bisa masuk kategori instagramable yaitu:

1. Estetika Visual yang Menarik

Spot-spot ini sering kali memiliki elemen-elemen seperti lanskap indah, arsitektur unik, graffiti artistik, atau dekorasi yang menarik perhatian dan tampak menarik dalam foto.

2. Pencahayaan yang Bagus

Pencahayaan yang baik adalah kunci dalam fotografi. Spot nstagramable sering kali memiliki pencahayaan alami yang bagus, baik itu cahaya matahari langsung, cahaya senja yang hangat, atau pencahayaan lampu yang menciptakan atmosfer menarik.

3. Keunikan

Spot-spot ini sering kali memiliki elemen keunikan yang membuatnya berbeda dari tempat lain. Ini bisa berupa dekorasi unik, seni jalanan, atau struktur arsitektural tidak biasa.

4. Keterjangkauan

Meskipun beberapa spot Instagramable mungkin berada di lokasi populer atau wisata, banyak yang juga bisa ditemukan di lingkungan sehari-hari, seperti kafe-kafe yang unik, jalan-jalan kecil dengan arsitektur menarik, atau taman-taman kota yang indah.

5. Kemudahan Berbagi

Spot-spot ini sering kali dirancang atau ditempatkan dengan mempertimbangkan keinginan untuk berbagi pengalaman dengan orang lain. Ini bisa berarti menempatkan karya seni yang menarik atau dekorasi yang unik yang menarik perhatian orang untuk berfoto di sana.

6. Popularitas di Media Sosial

Banyak spot instagramable menjadi terkenal karena banyaknya foto yang diambil dan diposting di media sosial seperti instagram. Popularitas ini sering kali membuat orang-orang tertarik untuk mengunjungi dan berfoto di lokasi tersebut.

Spot Foto Instagramable KL

1. Petronas Twin Tower (KLCC)

Sudah menjadi icon negara Malaysia pastinya traveler yang pertama kali datang ke Kuala Lumpur tidak melewatkan berfoto di depan menara kembar. Siapapun pelancong yang berlibur pasti berpose di depan Twin Tower atau biasa disebut juga KLCC.

Bahkan walaupun sudah berkunjung lebih 10x ke Malaysia, pada trip akhir tahun lalu pun Saya masih bepergian ke KLCC. Penginapan pun ambil di sekitarnya sehingga bisa berjalan kaki saja dari apartemen menuju Twin Tower.

Tentunya ada beberapa angle menarik jika mau punya foto yang diabadikan di KLCC. Jika sudah sering kesana pasti tahu aneka sudut pengambilan foto yang menarik dan berbeda dari lainnya. Namun, tidak ada salahnya pula apabila kawan-kawan mau langsung tepat berada di hadapan di bagian paling depan.

Lokasi Petronas Twin Tower KLCC

Petronas Twin Tower, Lower Ground (Concourse) Level, Kuala Lumpur City Centre, 50088 Kuala Lumpur, Malaysia

2. Kawasan Sultan Abdul Samad Building 

Kawan-kawan melalak cantik yang baru pertama kali ke Kuala Lumpur jangan sampai melewatkan kawasan Sultan Abdul Samad Building. Hal ini dikarenakan gedung yang dibangun pada tahun 1897 ini memiilki arsitektur yang unik.

abdul samad building



Kamu akan seperti bukan berada di Kawasan Asia Tenggara ketika berpose di depan bangunannya. Pembangunan gedung ini merupakan bagian dari program bangunan masif masa kolonial Inggris yang dipimpin oleh Maxwell dan Spooner. Keduanya adalah arsitek kerajaan di Kuala Lumpur pada masa itu.

Gedung ini bertujuan menghimpun seluruh sekretariat persekutuan. Gaya arsitektur dalamnya memakai arsitektur Islam Kerajaan Mughal di India. Sedangkan gaya arsitektur luarnya memakai arsitektur Eropa dan bangunan ini berbentuk simetri yang klasik.

Lokasi Sultan Abdul Samad Building

Jln Raja, Kuala Lumpur City Centre, 50050 Kuala Lumpur, Federal Territory of Kuala Lumpur, Malaysia

3. KL City Galerry

Sebagian orang tentu tidak ingin melewatkan spot foto instagramable dengan tulisan dari sebuah kota yang dikunjungi terutama bagi pertama kali. Begitu pula, beberapa kawan-kawan menanyakan dimana tempat foto ada tulisan I love KL.

Well, tentu saja Kamu harus datang langsung ke KL City Galerry yang tidak jauh pula dari Sultan Abdul Samad Building dan Dataran Merdeka. Tempat ini akan sangat ramai terutama pada bagian depan tulisan. Siapkan energi untuk mengantri karena biasanya orang lain akan berpose beberapa kali.

Lokasi KL City Galerry

27, Jln Raja, Dataran Merdeka, 50050 Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia

4. Saloma Bridge

Kesannya memang sebuah jembatan tetapi antrian bisa sampai sejam hanya untuk berpose di tengah jembatannya. Inilah Saloma bridge yang semakin cantik ketika mau berfoto di malam hari karena dipenuhi beragam lampu berwarna-warni.

saloma bridge kl



Saloma Link Bridge adalah jembatan gabungan pejalan kaki dan pengendara sepeda sepanjang 69 meter melintasi Sungai Klang di Kuala Lumpur. Diarahkan barat laut ke tenggara bergabung dengan distrik Kampung Baru dan Pusat Kota Kuala Lumpur.

Lokasi Saloma Bridge

9, Lorong Raja Muda Musa 3, Kampung Baru, 50300 Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia

5. Stasiun NU Sentral

Saya teringat kembali kunjungan pertama kali ke Kuala Lumpur pada tahun 2016 yang mana memang ada beberapa kali main ke NU Sentral ini. Tentu saja Kamu akan mudah temukan dari KL Sentral atau bisa pula dari Little India.

stasiun nu sentral



Saat itu, mengambil penginapan di belakang Little India maka untuk bepergian ke banyak tempat pasti tidak melewatkan untuk singgah di NU Sentral. Nah, bagian sisi bangunan yang dilewati eskalator inilah yang memiliki daya tarik dengan warna serasi menjadikan foto pun ala ala instagramer.

Lokasi NU Sentral

Kuala Lumpur Sentral, 50470 Kuala Lumpur, Federal Territory of Kuala Lumpur, Malaysia

6. Kwai Chai Hong

Menemukan mural interaktif yang menarik dipenuhi warna warni pastinya menjadi daya tarik tersendiri bagi Kwai Chai Hong ini. Saya sempat menuju ke lokasi ini namun berhenti di Kawasan Pasar Karat KL. 

Menelusuri Kwai Chai Hong ini sebenarnya tidak jauh dari Petaling Street Market tetapi harus bisa membaca peta untuk temukan lokasinya. Kamu yang mau menemukan cafe lokal unik atau restoran bisa singgah di Kwai Chai Hong.

Lokasi Kwai Chai Hong

Lorong Panggung, City Centre, 50000 Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia

7. Petaling Street Market

Sebenarnya bisa dikatakan tidak terlalu unik tetapi jika sedang banyak dipasang lampion berwarna merah menghiasi jalanan maka foto yang diabadikan menjadi instagamable. Biasanya pun Saya sekedar mau berfoto saja untuk main ke Petaling Street ini.

Memang tidak banyak spot foto unik di Petaling Street tetapi jika Kamu bisa memainkan angle maka foto yang dihasilkan pun akan berbeda dari lainnya. Tempat ini memang pasar dengan beragama items yang tentu saja tidak asli dan harus pandai menawar jika niat mau membeli.

Lokasi Petaling Street

Jalan Petaling, City Centre, 50000 Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia

8. River of Life KL

Terlihat hanya seperti sungai tetapi sesungguhnya ada banyak yang mengabadikan foto di River of Life KL ini. Berdiri dan berpose di tengah jembatannya menjadikan foto instagramable dengan latar belakang bangunan dan ada aliran sungai. Mau santai baca buku di sekitar River of Life ini juga bisa lho, yuk cek artikelnya Spot Santai Baca Buku di KL.

Selain itu, jika kamu berjalan sampai ke ujung yang melewati Masjid Jameek atau sisi pinggiran sungai lainnya juga bisa menemukan mural. Street art yang didesain indah itu menceritakan kehidupan masyarakat lokal dan bagaimana aliran sungai itu bermanfaat buat penduduk lokal.

Lokasi River of Life KL

Jalan Benteng, City Centre, 50050 Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia

9. Batu Caves

Siapa yang menyukai warna warni? Saya sangat suka bangunan penuh warna bahkan apapun itu. Sebagai penikmat colorful maka tidak mau melewatkan ambil pose di depan anak tangga Batu Caves. Memang ini tidak terlalu dekat dengan kota tetapi tentu saja masih mudah dijangkau dengan kereta.

spot foto tangga batu caves



Saya pun pernah membahas dengan ulasan khusus mengenai Batu Caves ini. Kawan-kawan melalak cantik bisa temukan dan baca selengkapnya di blog Melalak Cantik ini. Jangan lewatkan untuk foto di spot instagramble KL yang satu ini deh karena foto dijamin semakin menarik ketika mau diunggah di sosial media.

Lokasi Batu Caves

Gombak, 68100 Batu Caves, Selangor, Malaysia

10. BookXcess LaLaport

Main ke toko buku pun bisa menjadi sangat menyenangkan jika tahu hal-hal apa saja dapat dilakukan disana. Nah, Saya mau merekomendasikan spot foto instagramble KL berikutnya yaitu toko buku. Emang tidak sedikit pengunjung yang datang bahkan sekedar mau mengabadikan momen lho.

bookxcess lalaport kl



Sst, Kamu tentu saja jangan cuma mau berpose donk karena koleksi bukunya juga beragam dan pastinya buat betah mau baca disana. Ada spot untuk duduk maka tidak akan kelelahan setelah berkeliling berburu spot foto dan buku-buku yang mau dibeli.

Lokasi BookXcess LaLaport

L1-13A & 13B, Level 1, Mitsui Shopping Park LaLaport, 2, Jln Hang Tuah, Bukit Bintang, 55100 Kuala Lumpur, Federal Territory of Kuala Lumpur, Malaysia

Well, itulah 10 spot foto instagramable Kuala Lumpur yang bisa Kamu kunjungi jika baru pertama kali. Tentu saja masih banyak tempat lainnya bahkan sampai ke Putrajaya dan nantinya akan ada ulasan khusus mengenai tempat lainya yang ada di Kuala Lumpur. Kalian yang punya pengalaman berfoto di beberapa spot ini, yuk boleh berbagi di kolom komentarnya!

You May Also Like

1 Comments

  1. Jadi sadar kalo banyak tempatnya yg aku belum datangin 🤣. Padahal bisa dibilang sering ke KL.

    Mungkin juga krn aku ga suka foto sih yaa, makanya tempat2 berfoto inceran para turis, biasanya aku skip 😄. Tapi kalo sedang jalan ama suami, dah pasti dia yg tertarik buat foto di sana 😁

    Tapi dari semua yg kamu tulis, aku pengen liat lgs toko bukunya dan jembatan saloma itu.

    BalasHapus

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.