Rahasia liburan murah ke Bangkok, Thailand menjadi incaran para traveller baik yang pemula maupun senior dalam travelling. Apa rahasia liburan yang kamu nantikan?

Haloha guys,

Liburan murah tentu disukai oleh para pelancong namun kenyamanan tetap menjadi keutamaan donk. Well, perjalanan ku dalam melalak cantik ke Thailand mungkin belum sesering teman traveller lainnya. Namun, aku ingin membongkar rahasia liburan murah ke Thailand dari Medan yang sudah kulalui beberapa bulan yang lalu. Beberapa pengalaman di Thailand bisa baca pada artikel Mengenang Kehangatan Pergantian Tahun di Pattaya.

Perjalanan pertama kali ke Thailand pada Januari 2018 lalu memiliki banyak momen berkesan untukku dan tentu menjadi pembelajaran dalam hal penghematan dan pengelolaan keuangan serta manajemen waktu. Berlibur ke Thailand dari Medan mungkin bukan lagi hal yang sulit dimana ada banyak cara untuk liburan dari Medan ke Thailand,

Wisata Wat Arun di Bangkok, Thailand

Beberapa poin rahasia yang akan aku bongkar kepada kawan melalak cantik adalah sebagai berikut:

1. Hunting Tiket Promo

Berbicara tentang liburan murah maka pencarian tiket promo harus dilakukan agar mendapatkan harga yang miring dan terjangkau sesuai kantong. Beberapa maskapai yang sering melakukan promo dari Medan menuju Thailand seperti AirAsia. Akhir-akhir ini maskapai Malaysia Airlines juga memberikan penawaran yang menarik untuk warga Medan yang ingin menginjakkan kaki ke Thailand. Ku melihat ada tiket yang hanya sekitar 900 ribuan sampe sejutaan untuk tiket Medan ke Thailand pulang pergi.

2. Cari Penginapan Murah/Gratis

Penginapan murah di Thailand tidak sulit ditemukan, secara yah sudah menjadi tempat tujuan wisata para turis dari berbagai negara. Bangkok sendiri selalu ramai dikunjungi, terutama kawasan Khaosan Road. Duh, mau cuci mata lihat para bule cakep bisa langsung menuju seputaran tersebut. Nah, aku tuh selama di Bangkok tidak membayar penginapan karena tinggal bersama warga Indonesia yang sedang melanjutkan kuliah di salah satu kampus Thailand. Kawan melalak cantik juga bisa kok mendapatkan penginapan gratis dengan cara mencari relasi di negara tersebut, cari aja pertemanan di situs couchsurfing. Nah, dalam hal penginapan murah jika kawan melalak cantik berlibur sendirian, coba deh untuk mencari hostel maupun dormitory yang nyaman.

Hotel di Pattaya, Thailand

3. Gabung Komunitas Traveller/Berteman Dengan Warga Lokal

Berlibur murah itu bisa disiasati dengan cara gabung komunitas traveller dari seluruh dunia sehingga bisa saling bertemu di Bangkok dan berbagi biaya dalam perjalanan. Well, selain itu , berteman dengan warga lokal juga menjadi salah satu cara untuk mendapatkan harga-harga murah saat berada di Thailand apalagi dengan bahasa mereka yang sulit dipahami maka ketika memiliki kenalan warga Thailand yang bisa berbahasa Inggris merupakan suatu keberkahan.

4. Jangan Belanja Berlebihan

Bangkok menjadi surga belanja donk, terbukti banyaknya beredar pakaian murah Bangkok yang dijual di Medan. Yeah, para traveller dari Medan yang menuju ke Bangkok banyak loh yang cuma sekedar ingin belanja barang dagangannya. Nah, kamu yang mau berlibur murah ke Thailand tentunya jangan sampai kalap mata dan belanja berlebihan. Saat melihat diskonan maupun harga yang murah rasanya semua ingin dibeli hingga akhirnya kebingungan kelebihan bagasi. Duh, bukan liburan murah lagi deh namanya yah.

5. Isi Ulang Air Minum/Beli Makanan Lokal

Air minum menjadi kebutuhan utama juga saat liburan karena tanpa air yang cukup bisa kelelahan dalam melakukan petualangan di sepanjang jalan di Thailand. Penghematan perlu dilakukan juga untuk hal air minum karena meskipun tidak terlalu mahal namun jika berulang kali membeli tentu uang saku bisa habis juga untuk air mineral saja. Nah, kamu sebaiknya melakukan pengisian air minum ini dari hotel tempat tinggal karena bisa menghemat biaya pengeluaran untuk urusan air minuman. Urusan makanan mungkin ingin mencoba aneka street food maupun makanan lokal lainnya yang ada di Thailand. Well, cobalah beli makanan yang hemat namun sehat. Di Thailand juga banyak sekali makanan yang lezat nan nikmat di pinggir jalan.

6. Gunakan Transportasi Umum

Yeah, saat ku berlibur ke negara manapun, biaya transportasi ini memiliki peran terbesar juga dalam hal pengeluaran loh. Cara terbaik untuk menghemat adalah dengan menggunakan transportasi umum. Bangkok sudah memiliki BTS yang seperti MRT di Kuala Lumpur. Namun, tetap perhatikan petunjuk di stasiun yah, jangan sampai nyasar berlebihan karena bisa menambah anggaran. Hindari untuk berpergian dengan taksi jika hanya sendiri namun saat liburan beramai-ramai bisa saja biaya menjadi patungan dibagi-bagi. Jika kamu ingin mencoba transportasi tradisional Thailand yaitu TukTuk maka harus berhati-hati karena harga bisa sangat tinggi dibuat oleh drivernya disana.

Transportasi Lokal di Bangkok, Thailand
Bus di Bangkok, Thailand

7. Hunting WiFi/Gunakan SimCard Lokal

Liburan tanpa koneksi internetan seperti tidak ada kejadian yah, mau update sana sini pun menjadi terhalang karena tidak ada kuotanya. Well, simcard mungkin sangat penting karena merupakan salah satu cara untuk terus bisa berkomunikasi dengan sanak saudara kita di negeri sendiri. Jika berlibur ke Singapura maka simcard menjadi pengeluaran yang besar juga, boleh baca artikel saya tentang Cara Beli SimCard di Singapura. Nah, untuk yang ingin menghemat biaya pengeluaran dalam internetan, coba hunting penginapan yang tersedia wifi maupun spot wisata yang menyediakan wifi gratisan. Selain itu, coba belilah SimCard lokal yang dijual di counter pinggir jalan maupun Seven Eleven. Hanya saja kendala adalah saat menggunakan bahasa karena petugasnya pun sulit berbahasa Inggris. Akhirnya ku membeli true move sekitar 299 THB dan hanya bisa digunakan untuk 7 hari.

8 Komentar

Hai kawan melalak cantik, silahkan tinggalkan kesan