Me.reka Makerspace menjadi salah satu wadah kreativitas bagi anak muda. Era industri digital semakin banyak bermunculan ruang-ruang yang memudahkan para pekerja kreatif untuk berkumpul dalam satu tempat. Di berbagai belahan dunia, masing-masing ruang kreativitas memiliki ciri khas tersendiri.

Beberapa bulan lalu tepatnya Agustus saat mengikuti program YSEALI (Young Southeast Asian Leaders Initiative), saya dan peserta lainnya diajak untuk mengunjungi Me.reka Makerspace di Kuala Lumpur. Begitu takjub saat berada di dalamnya karena melihat aneka hasil dari imajinasi yang tertuang menjadi suatu bentuk nyata. Well, saya kan bisa masuk dan belajar banyak disini itu gratis karena lulus program YSEALI dari Kedutaan Amerika. Mau dapat liburan gratis di luar negeri?. Berikut Tips Liburan Gratis ke Luar Negeri.



Pertama kali, ketika turun dari bus dan melihat bangunan dari Me.reka Makerspace mungkin tidak terlihat hanya seperti sebuah mall. Kami berjalan memasuki pintu masuk utama bangunan ke arah kanan kemudian hingga menemukan sebuah pintu yang sudah terbuka.



Memasuki ruangan Me.reka Makerspace, saya mulai memutarkan bola mata melihat sekeliling. Ada sebuah meja resepsionis yang akan siap memberikan informasi kepada para pengunjung. Logo huruf M yang seperti terbuat dari kayu menempel di dinding dekat meja resepsionis tersebut.



Apa itu Me.reka Makerspace?

Well, kawan melalak cantik mungkin masih banyak yang belum pernah ke Me.reka Makerspace maka saya akan membagikan informasinya. Me.reka ini merupakan ruang pendidikan alternatif dan inovatif. Dengan memindahkan semua penghalang untuk mendesain dan membuat maka  Me.reka mengajarkan para murid dan profesional untuk mengungguli industri dan bisnis yang akan membentuk masa depan Malaysia.

Aktivitas di Me.reka Makerspace

Aktivitas yang bisa dilakukan di Me.reka Makerspace bervariasi. Banyak kegiatan menarik yang dapat menunjang kreativitas semakin terasah. Me.reka menyediakan perlengkapan, teknologi dan ahli. Menggunakan metodologi kolaborasi yang tinggi untuk membentuk keterampilan para siswa maupun profesional.






Well, saat kunjungan bersama participants dari YSEALI Empowering Educators , ada beberapa kegiatan menarik yang kami lakukan diantaranya membuat tanaman eco dengan menggunakan botol plastik minuman yang kemudian diisi dengan bebatuan, tanah dan tentunya tanaman. Selain itu, kami juga membuat pouch yang terbuat dari bahan kain-kain sisa penjualan tekstil. Pembuatannya juga dengan cara-cara sederhana sehingga tidak menyulitkan bagi para peserta.




Selanjutnya kami diajak berkeliling melihat segala aktivitas yang ada di Me.reka. Beberapa tim yang ada disana menjelaskan sistem kerja dan proyek sedang dijalankan oleh mereka. Bahkan kami diperbolehkan masuk ke ruangan kantor melihat cara-cara produksi sesuatu hingga menjadi bermanfaat dan bisa dijual.

Kawan melalak cantik tidak perlu khawatir karena tersedia mini dapur yang menyediakan makanan juga. Saat itu, kami disediakan aneka cemilan ringan seperti kue-kue dan minuman yang menyegarkan tentunya. Upss, ada juga sebuah panggung sehingga bisa juga untuk memainkan musik disitu. Oh yeah, kamu tidak perlu khawatir karena ada tim yang siap membantu kamu menjelaskan apa saja yang ada disana sehingga jangan takut menjadi kebingungan yah.



Alamat Me.reka Makerspace

Lot 1C, Level G1 (A4 Entrance) Publika Shopping Gallery, Solaris Dutamas, 50480 Kuala Lumpur, Malaysia.

Opening Hours:

Senin s/d Jum'at : 10.00–22.00


Sabtu & Minggu: 12.00–18.00


3 Komentar

  1. Wadah kolaborasi ajang kreativitas memang ditantang belakangan ini ya kan..

    Semoga di Indonesia makin menjamur yang beginian. Di Medan juga doong buka cabang juga boleh

    BalasHapus
  2. wah keren nih tempatnya sepertinya, mungkin bisalah mampir ke sana kalau nanti ada rezeki lagi yakan, dan semoga di medan juga ada yang beginian, biar makin seru.

    BalasHapus
  3. ini kudu di bookmark nih, aku rencana Januari udah akan berangkat bersama beberapa ibu penulis.

    sebagai ajang untuk adu karya anak muda jaman now

    aku bermimpi satu sat juga bisa pamer karya. masih pantes gak yaaaa

    BalasHapus

Hai kawan melalak cantik, silahkan tinggalkan kesan