Tips gunakan aplikasi couchsufing agar aman saat liburan sendirian ternyata banyak dinantikan oleh para pembaca setia blog melalak cantik. Beberapa traveller yang mau berhemat atau mau berinteraksi dengan warga lokal maupun traveller lainnya bisa menggunakan aplikasi couchsurfing tersebut.

By the way, ada beberapa traveller yang juga belum mengenal aplikasi couchsurfing tersebut maka saya ingin membagikan sedikit informasi tentan couchsurfing. Siapa disini yang sudah pakai aplikasinya? Boleh nanti berbagi di kolom komentar yah.

Menurut sumber dari Wikipedia bahwa couchsurfing merupakan sebuah situs dan layanan jejaring sosial berupa hospitality exchange atau jaringan silaturahmi. Aplikasi ini berdiri sejak tahun 2004 berkantor pusat di San Fransisco, Amerika dengan pendirinya adalah Casey Fenton, Leonardo Bassani da Silveira, Daniel Hoffer, Sebastian Le Tuan. Couchsurfing sendiri sudah tersebar ke banyak negara dan memiliki anggota hingga 2,6 jutaan.



Terus apa donk tips gunakan aplikasi couchsurfing agar aman saat liburan sendirian?

Hosts dan couchsurfers di Taiping, Perak , Malaysia

Nah, saat ingin request tinggal bersama warga lokal tentunya harus ada hal-hal yang diperhatikan sebagai berikut:

1. Baca Reference

Well, biasanya profil dari host yang akan menerima kita sebagai tamu di tempat tinggalnya ada referensi dari tamu sebelumnya. Nah, bacalah referensi tersebut sehingga kita mendapat bayangan akan tinggal bersamanya atau tidak. Namun, jika tidak ada referensi maka sebaiknya carilah host yang lain saja. Begitu juga ketika ingin sekedar hang out tetap harus baca referensi sehingga kita tahu apakah si host tersebut asik di ajak jalan atau tidak.

2. Lihat Koleksi Foto

Yeah, terkadang foto sih bisa aja palsu tapi setidaknya kita lihatlah koleksi fotonya. Perhatikan foto profil maupun foto bersama couchsurfing lainnya. Biasanya yang aktif menggunakan couchsurfing pasti mau mengunggah foto-foto perjalanannya saat bersama traveler lain.

3. Tanya Couchsurfers Lainnya

Biasanya kan ada tuh meet up couchsurfing, nah bisa deh saling berbagi cerita. Kita juga bisa menanyakan tentang orang lain sehingga mendapat gambaran apakah host tersebut baik atau tidak. Beberapa couchsurfer lainnya mau berbagi tentang sosok orang-orang yang memang sudah dikenal bersikap baik atau tidak.

4. Waspada

Yeah, namanya sendirian tentu kewaspadaan harus tetap terjaga. Dimana pun liburannya tentu harus tetap berhati-hati dengan lingkungan sekitar terutama jika bertemu dengan orang-orang baru.

Couchsurfers di Penang, Malaysia

So, gimana nih kawan melalak cantik? Berniat untuk menggunakan aplikasi couchsurfing?
Saya sih sejauh ini masih memiliki pengalaman yang baik terkait hal tersebut dan mendapatkan pelayanan yang baik meskipun tetap ada sisi tidak menyenangkannya lah namanya juga numpang yah. By the way, kamu yang mau liburan gratis, silahkan baca  selengkapnya Tips Liburan Gratis .




5 Komentar

  1. Wah wah keren yaa, komunitas lintas negeri, awak kadang teringin punya kenalan dari luar negeri tapi kadang gak paten berkomunikasi

    eh, mampir juga ya je tulisan awak hari kedua di 7haringeblog tentang travel blogger medan
    aizeindra.id

    BalasHapus
  2. Aku juga suka banget couchsurfing krn bisa kenalan sama banyak orang dan menghemat banyak uang.

    BalasHapus
  3. dari yg kucerna keknya aplikasi ini cocok buat travel ke luar negeri, bener ga kak?

    BalasHapus
  4. jujur aja dulu kemana mana ya sendiri dan gatau ada komunitas gituan, nah semenjak tau aplikasi ini mungkin bisa memudahkan kalau nantinya bakalan ke luar luar kota lagi, hehe

    BalasHapus
  5. Aku udah daftar CS lumayan lama tapi ga pernah make fitur itu si buat ngajak/ikut hangout gitu. Next mungkin aku bisa make dan ngikutin tips dari kakak. Makasi ya kak udah nulis tips ini 🙏

    BalasHapus

Hai kawan melalak cantik, silahkan tinggalkan kesan