Jelajahi wisata edukasi di Petrosains KLCC menjadi salah satu rencana trip yang harus direncanakan. Mengajak keluarga tercinta berlibur ke Kuala Lumpur, Malaysia sambil mengedukasi tentunya menambah ilmu pengetahuan anak-anak dan sanak keluarga lainnya. Saat berkesempatan bisa jelajahi wisata edukasi Petrosains saya pun ingin membagikan pengalaman tersebut.



Awal memasuki pintu masuk KLCC Malaysia mungkin masih biasa saja karena sudah beberapa kali kesana. Namun, saat sudah berada di level 4 Suria KLCC tepat pintu masuk Petrosains mulai makin penasaran isi di dalamnya. Saya bisa masuk gratis ke Petrosains karena mengikuti Program YSEALI pada Agustus 2019 lalu. Kami sebagai peserta langsung diarahkan masuk ke dalam yang mana sudah kelihatan aura ilmu pengetahuan dan kreatifitas.



Sejarah Petrosains

Berdasarkan informasi dari Wikipedia baha Petrosains ini berdiri sejak 25 Maret 1999 atas gagasan Perdana Menteri ke 4 Malaysia yaitu Mahathir Mohamad. Petrosains, The Discovery Centre merupakan museum sains dan teknologi Malaysia yang terletak di jantung kota Kuala Lumpur dalam Suria KLCC, Menara Kembar Petronas.

Petrosains ini dimiliki dan dioperasikan oleh Petrosains Sdn. Bhd. yang merupakan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh konglomerat minyak dan gas Malaysia. Tengku Nasariah Tengku Syed Ibrahim adalah CEO hingga 2018. Saat ini, CEO Petrosains adalah Fatimah Fedora Zulkifli.

Biaya Masuk Petrosains

Kawan melalak cantik yang belum pernah masuk ke Petrosains mungkin bertanya-tanya mengenai biaya masuk. Menurut saya ketika mengeluarkan uang untuk sebuah investasi ilmu pengetahuan tentunya tidak akan merasa rugi. Ada perbedaan biaya masuk antara warga lokal Malaysia dan traveller. Begitu juga antara anak-anak dan orang dewasa juga berbeda harga. Tenang saja kaerna harganya tidak terlalu berbeda jauh kok sehingga tidak perlu khawatir yah.



Anak-anak yang berusia 2 tahun ke bawah baik warga lokal maupun turis tidak dikenakan biaya. Sedangkan harga masuk untuk warga Malaysia yang masih anak-anak  (3-12 tahun) sekitar RM 7.50 dan untuk non Malaysia sekitar RM 16.50. Kategori adult usia 13 tahun hingga 60 tahun untuk warga Malaysia dikenakan biaya RM 18.50 dan non Malaysia RM 28.00. Warga Malaysia yang sudah berumur 61 tahun ke atas dikenakan biaya RM 9.00 dan untuk non warga Malaysia harus membayar RM 14.00.

Kegiatan di Petrosains

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Petrosains sehingga masuk kesini bukan hanya untuk anak-anak tetapi juga bisa untuk orang dewasa. Selama saya berkunjung kesana ada banyak atraksi yang bisa dijelajahi bahkan beberapa teman mencoba keseluruhannya. Saya paling mencoba beberapa saja karena masih canggung juga mau pegang semua benda yang ada disana.



Sebelum memasuki area utama untuk menjelajahi wahana Petrosains, saya dan peserta YSEALI lainnya diberikan pertunjukan eksperimen menarik dari ilmuwan Petrosains. Ia menunjukkan percobaan pembuatan hujan dan gas. Kami pun takjub saat kemudian bisa membuat air dingin dari uji cobanya.



Anak-anak bisa juga memasuki area khusus untuk membuat sesuatu kreatifitas bersama tim dari Petrosains tapi saat itu kami hanya melihat aktivitas dari luar saja. Di Petrosains ini terbagi menjadi 11 pertunjukkan interaktif utama yang bisa dikunjungi.




Pengunjung bisa mempelajari tentang informasi minyak bumi dan pengetahuan lainnya. Selain itu para penggemar Formula 1 (F1) bisa melihat pameran ilmu pengetahuan dan teknologi di balik kendaraan tersebut. Yeah, banyak hal menarik yang harus dilihat secara langsung di Petrosains.

Well, kawan melalak cantik kapan nih mau kesana?. Yuk pergi bersama-sama kesana, kita bisa menginap di Hotel Pullman KLCC.




Petrosains KLCC

Opening Hours:
Tuesday - Friday 09:30 - 17:30, Saturday & Sunday 09:30 - 18:30

Address:
Level 4, Suria KLCC, PETRONAS Twin Towers, Kuala Lumpur City Centre

Tel:
+603 2331 8181












0 Komentar