Menelusuri Kemegahan Arsitektur Suleymaniye Mosque Istanbul

by - April 07, 2022

 Suleymaniye Mosque Istanbul masih terbayang dalam ingatan. Salah satu masjid yang dikunjungi saat perjalanan setahun lalu. Menelusuri keindahan Turkiye yang berada di Eurasia. Keberadaan wilayahnya terbentang dari Semenanjung Anatolia di Asia Barat Daya dan daerah Balkan di Eropa Tenggara. Turkiye juga dikenal sebagai negara transkontinental atau negara lintas benua. 

Seorang diri menelusuri sebuah negara baru memang tidak mudah. Bukan berarti juga menjadi kendala untuk belajar langsung sebuah budaya maupun sejarah sebuah daerah. Memberanikan diri melihat dan merasakan langsung perubahan iklim, gaya hidup, budaya, bahasa adalah hal menantang dalam sebuah perjalanan.

Suleymaniye Mosque Istanbul

Baca Juga Menelusuri Masjid Indah di Dunia

Kali ini, saya akan mengajak kawan melalak cantik untuk melihat Suleymaniye Mosque dalam foto-foto yang berhasil diabadikan di kamera mirrorless. Perjalanan virtual tentu tidak terlalu buruk, semoga bisa dijadikan motivasi agar bisa melihat nyata suatu hari nanti. Lihatlah betapa indahnya hasil desain arsitek pada masa itu, seseorang yang sudah punya gambaran dan bisa menghasilkan karya yang bisa dinikmati keindahannya sepanjang masa.

Suleymaniye Camii Istanbul


Mengenal Sejarah Masjid Suleymaniye Istanbul

Menurut informasi dari Wikipedia bahwa Masjid Suleymaniye ini dibangun oleh Dinasti Utsmaniyah pada masa Sultan Sulaiman Al-Qanuni yang terletak di bukit ketiga di antara tujuh bukit, Istanbul. Pembangunan masjid tersebut dimulai sejak tahun 1550 dan diresmikan tahun 1557.

Keindahan masjid ini dirancang oleh arsitek kekaisaran Mimar Sinan yang mana desain masjid ini merupakan representasi sadar diri Suleyman tentang dirinya sebagai Solomon Kedua. Terinspirasi juga dari Kubah Batu yang dibangun di situs Kuil Salomo.

Suleymaniye Mosque Turkiye


Keindahan Desain Suleymaniye Mosque

Bisa saya katakan bahwa hampir kebanyakan masjid yang ada di Turki memang sangat indah. Desainnya memiliki ciri khas dan memberikan kekaguman bagi siapapun yang memandangnya. Mulai dari luar saja sudah melihat kubah yang indah dengan arsitektur perpaduan islam dan Byzantium.



Memasuki halaman luas dengan banyaknya pepohonan membuat angin musim dingin semakin menusuk kalbu. Saat itu, masih bulan Maret dengan angin musim dingin yang akan segera beralih menuju musim semi. Jaket belum mampu mengobati kedinginan siang itu ketika kaki menginjakkan halaman Suleymaniye Mosque.

Masjid Suleymaniye Istanbul


Setiap sudut ditelusuri dengan harapan bisa melihat dan mengetahui lebih banyak tentang masjid tersebut. Saya pun melihat para pengunjung untuk berfoto atau membuat video. Suleymaniye Mosque terbuka untuk umum namun ada waktu batasan berhubung saat saya berkunjung itu sedang pandemi. Sepertinya bukan hanya kalangan umat muslim saja yang mengagumi keindahan arsitekturnya karena tampak turis lain pun tampak kagum.

Masjid Suleymaniye Istanbul


Kompleks Masjid yang Nyaman dan Luas

Memang belum terlalu banyak masjid di dunia yang sudah dikunjungi tetapi bisa dikatakan bahwa Suleymaniye Mosque ini memberikan impresi tersendiri. Kompleks masjid begitu nyaman dan luas, bisa duduk santai di taman-taman sekitarnya.

Suleymaniye Camii Istanbul


Dari berbagai sisi tampak indah dan bersih kawasan kompleks masjid. Ketika awal memasuki halaman akan disambut dengan air mancur yang bersuara merdu dari percikan air-airnya. Di empat sudut halaman adalah empat menara

Di bagian belakang masjid terdapat makam Sultan Suleyman, istrinya Hurrem Sultan yang juga dikenal dengan nama Roxelane, anak perempuannya Mihrimah, ibunya Dilasub Saliha dan saudara perempuannya Asiye. Dan pada bagian depan terdapat makam dari arsitek Mimar Sinan yang sayangnya tidak terbuka untuk publik.


Baca Jaga Pengalaman Pertama Kali di Bandara Istanbul

Saya sangat tertarik untuk berkeliling bahkan menghabiskan waktu beberapa jam untuk berkeliling sambil melihat tempat wudhu. Terdapat di bagian luar ada tempat wudhu yang juga khas desainnya. Pada saat kedatangan belum waktu shalat sehiingga saya pun hanya melihat suasana saja.



Berjalan sendirian memiliki kesan tersendiri yang mana bisa memiliki waktu lebih lama ketika ingin memperdalam pengetahuan atau melihat suasana sebuah tempat. Saya terus berjalan ke bagian samping, belakang dan tentu tidak melewatkan sisi dalam utama dimana para umat islam bisa melaksanakan shalat.



Pada sisi samping bisa melihat pemandangan indah kota Istanbul. Saya takjub dengan view memanjakan mata dengan desain arsitektur unik dan tentu instagrammable. Enggak heran sih begitu ramai pengunjung yang asik berfoto dengan view tersebut sebagai background.

Well, apabila kamu bertanya tentang keinginan saya untuk kembali, tentu sangat mau jika ada kesempata dan rezeki lagi bisa melaksanakan shalat di masjid tersebut.

Suleymaniye Mosque


Lokasi:

Suleymaniye Mosque Istanbul (Suleymaniye Camii)

Tiryakiler Çarşısı, off Prof Sıddık Sami Onar Caddesi, Süleymaniye.


Note:

1. NO Entrance FEE

2. Berpakaian SOPAN

3. Jaga SIKAP

4. Buka Tiap Hari: 8 Pagi-6 Sore

5. Tutup Untuk Turis Saat Waktu Shalat








You May Also Like

22 Comments

  1. Sam Rin, aku juga masih pengen banget nanti balik ke turkiye. Belum puas bangettttt. Lah aku cuma pulang hari kesana 🤣🤣. Berangkat dari Bulgaria malam, sampe sana subuh. Malamnya balik lagi ke Bulgaria hahahahah.

    Aku tau mesjid ini, tapi pas ke Istanbul ga masuk. Cuma liat dari luar aja. Saking terbatasnya waktu 😁. Apalagi pas aku kesana blm punya blog traveling, dan jalan2 itu cuma utk iseng doang. Ga kepikir bikin ITIN dlm. Makanya udah kebanyakan lupa. Pengen ulangin lagi journey ksana, tapi nanti dengan persiapan LBH matang.

    BalasHapus
  2. Kubahnya banyak banget ya mesjidnya

    BalasHapus
  3. Masjidnya megah banget dan cantik :) Masya Allah. DUh, aku tuh ke Turki cuma seharian, ga puas deh. Ini pemandangan masjid luar dan dalam kerennya minta ampun ya. Interiornya ga ada duanya. Oh, di belakang masjid ada makam ya? INi mbak sendiran mengitari masjid hebat deh hehehe.

    BalasHapus
  4. Suleymaniye Mosque,mesjid bersejarah usianya sudah berabad-abad.Indah sekaliya Rin.Kakak suka lihat bangunannya,kokoh dan artistik.Beruntung Ririn bisa mengunjungi rumah Tuhan

    BalasHapus
  5. Wah keren mbak sudah sampai Istanul jadi pengen juga jalan2 kesana pastinya jadi kenangan indah ya apalgi lihat arsitektur bangunan yang megah seperti ini

    BalasHapus
  6. Aduh Mbak Rin, saya iri padamuuu....

    saya pingin banget ke Turki

    Bikin dong tulisan tentang cara mudah dan murah traveling ke Turki

    BalasHapus
  7. Mpo belum ke turki. Kalau ada kesempatan boleh nih main-main dan sholat di masjid ini

    BalasHapus
  8. Waaahhh Istambul!
    Salah satu wish saya nih, kalau mau keluar negeri pengen ke sini, mau menjelajah masjid-masjidnya.
    Senang banget baca tulisan ini, jadi bisa menikmati Suleymaniye Mosque dari tulisan dulu :D

    BalasHapus
  9. Cantik banget ya arsitekturnya. Tampak tua tapi kokoh. Apa lagi bagian dalamnya. Mevvah!

    BalasHapus
  10. MasyaAllah, cantiikkkk benerr nih mbaa
    mupeng aku ke Turki
    Semoga segera ada rezeki dan kesempatan bisa cuss ke sana jugaaa

    BalasHapus
  11. MasyaAllah, masjid Suleymaniye sungguh indah banget arsitekturnya.
    Duh, makin penasaran sama Istambul dan kota-kota lain di Turki.
    Semoga dapat berkunjung juga.

    BalasHapus
  12. Cantik sekali ya masjidnya. Semoga suatu saat nanti aku juga bisa jalan2 ke sana. Aamiin.

    BalasHapus
  13. Kesannya gimana gitu ya bisa melihat begitu agungnya Rumah Allah di belahan bumi yang mungkin tidak akan bisa saya kunjungi.
    Bangunannya, arsitektur nya. Sangat indah.

    BalasHapus
  14. Melihat betapa cantik dan kokohnya bangunan terlihat bagaimana megahnya bangunan itu pada zamannya, semoga suatu hari sayapun dapat menginjakkan kaki di sana.

    BalasHapus
  15. MashaAllah. Megahnya Masjid Suleymaniye ini. Kubah-kubah yang berderet itu mencerminkan khas Turki banget ya. Terlihat indah baik dari dekat maupun dari kejauhan. Semoga suatu saat saya dapat menginjakkan kaki di Turki dan melakukan jelajah masjid serta menyempatkan diri beribadah disana. Aamiin YRA

    BalasHapus
  16. Indah banget bisa ziarah masjid kesana. Sambil bisa tahiyatul masjid disana sambil belajar sejarahnya juga.

    BalasHapus
  17. perjalanan pas pandemi dengan udah dibukanya border gini emang menuntaskan rasa kangen. aku belum pernah ke turki :( rasanya pengen lihat bangunan indah di sana.

    BalasHapus
  18. Wah, jalan-jalan ke Turki. Beberapa waktu yang lalu temanku juga jalan-jalan ke Turki dan aku seneng banget liat foto di medsos dia. Semoga suatu saat bisa ke sana. Aamiin.

    BalasHapus
  19. Aq juga pengen banget bisa traveling ala kak Ririn kayak gini, bisa bebas mengunjungi suatu negara biarpun solo traveling tapi tetep asik ya

    BalasHapus
  20. Memang megah sekali Mbak. Lihat gambarnya saja sudah auto berdecak kagum. Bisa belajar tentang motif/ragam hias islami pada zaman masjid didirikan juga

    BalasHapus
  21. Cantik sekali masjid Suleyman ini,walau sudah berusia ratusan tahun namun bangunannya masih berdiri kokoh. Dan masih difungsikan untuk tempat sholat juga ya mbak, jadi kalo waktu sholat ditutup buat kunjungan turis

    BalasHapus
  22. Bisa dibilang wisata sejarah juga ya mbak. Semoga saya bisa punya rezeki untuk liburan ke Turki. Seneng banget kalau bisa ke Turki

    BalasHapus

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.