Review Central Market KL, Belanja Oleh-oleh Produk Lokal Bervariasi

by - Februari 18, 2024

Bepergian tanpa membawa oleh-oleh sepertinya memang cukup sulit dilakukan oleh warga Indonesia. Hal ini dikarenakan begitu seringnya para kerabat, rekan kerja yang suka bertanya mengenai buah tangan sepulang liburan.

oleh-oleh central market



Sebenarnya itu bukan hal yang baik karena orang lain berlibur pun dengan menabung. Ingin bisa bersenang-senang, melepas penat dari beragam rutinitas. Tetapi jika memang ada dana lebih maka tidak ada salahnya untuk membawakan oleh-oleh.

Review Central Market KL


Pernahkah kalian memikirkan oleh-oleh yang mau dibawa dari Kuala Lumpur, Malaysia? Pasti sudah beragam sekali oleh-oleh yang bisa dibawa melalui referensi teman-teman atau para konten kreator yang sudah sering kesana.

central market KL


Mengenal Sejarah Central Market


Well, kali ini Melalak Cantik masih ingin berbagi tempat oleh-oleh yang banyak menjual produk lokal di Kuala Lumpur (KL). Salah satu yang masih ramai dikunjungi para turis maupun warga lokal adalah Central Market.

Bisa dikatakan bahwa Central Market ini adalah Pasar Seni meskipun sebenarnya beda konsep. Untuk pasar seni yang menjajakan produknya di toko-toko atau outlet luar gedung dari Central Market. Jika kita bilang Central Market tentu saja bangunan seperti berbentuk rumah dengan cat berwarna biru hampir keseluruhannya.

pasar seni kl



Nah, untuk lokasinya bisa mudah diakses baik menggunakan transporasi umum maupun kendaraan pribadi. Kaum traveler hemat tentu bisa gunakan LRT atau MRT namun harus mau berjalan sedikit menuju titik tepat Central Market.

Central Market Kuala Lumpur terletak di Jalan Tun Tan Cheng Lock (Foch Avenue) dan bagian khusus pejalan kaki di Jalan Hang Kasturi (Rodger Street), beberapa menit dari Petaling Street dan di sebelah Sungai Klang. Dari sini juga tidak jauh mau duduk santai di pinggiran sungai yang menghadap ke Masjid Jameek lho. Review Spot Santai Baca Buku di River of Life KL sudah ada juga di blog ini, silahkan langsung singgah ya.

Didirikan pada tahun 1888 dan awalnya digunakan sebagai pasar basah. Kemudian bangunan bergaya Art Deco saat ini yang sudah berdiri itu selesai dibangun pada tahun 1937. Kini bangunan sudah diklasifikasikan sebagai Situs Warisan oleh Malaysian Heritage Society, dan sekarang menjadi landmark bagi masyarakat Malaysia.

Hal Menarik Bisa Dilihat di Central Market

Sejak pertama kali menginjakkan kaki di Central Market ini pada tahun 2016, Saya sudah menemukan banyak hal menarik yang bisa dilihat dan dibawa pulang. Tentu saja mengabadikan foto baik di bagian depan bertuliskan "Central Market" sebagai ikonnya.

Kemudian untuk bisa dibawa pulang lainnya adalah oleh-oleh khas yang bisa dibeli di beragam toko baik berupa makanan maupun souvenir berupa kerajinan tangan. Jika hanya ingin melihat saja pun tentu boleh, berkeliling dari lantai dasar sampai ke atas. Telusuri saja setiap lorong dan akan menemukan hidden gem penjual barang unik dan antik.

belanja oleh-oleh malaysia



Hal menarik yang menonjol bisa dilihat adalah bangunan dua lantai dan satu lantai yang menyerupai rumah bergaya kampung yang mewakili banyak kelompok etnis yang hidup harmonis di Kuala Lumpur. Toko-toko pun yang berjualan memiliki khas tersendiri terutama bagi toko yang menjual kain tradisional, alat dapur atau produk fashion.

beli oleh-oleh kl



Harga Produk di Central Market


Memang untuk harga tentu masih ada pasar yang menjual lebih murah tetapi keunikan pasti berbeda. Biasanya produk yang dijajakan di Central Market ini banyak pula dibuat pakai tangan saja. Pembuatan yang manual ini menjadikan suatu benda lebih bernilai harganya. Usaha dalam membuat sesuatu itu lebih mahal karena langsung dengan tenaga dan kreatifitas manusia.

Saya tidak mengatakan bahwa harga produknya itu mahal karena memang disesuaikan dengan keunikan, kreatifitas serta usaha yang dilakukan. Membeli aneka coklat, makanan khas, susu atau berbentuk makanan lainnya tidak terlalu mencolok harganya kok tetapi tetap saja bisa murah apabila pandai menawar ke penjual.

Aktifitas di Central Market


Sejak awal mengunjungi sampai terakhir tahun 2024 ini sudah menemukan banyak hal berbeda terutama untuk penjual serta konsep hiburan yang ada di dalam Central Market. Seingat Saya, pada waktu dulu hanya sekedar melihat barang dagangan yang dijual di etalase toko. Tetapi sekarang memang sudah bertransformasi menjadi wadah untuk menyalurkan kreatifitas.

toko central market



Saat saya mengelilingi dari lantai dasar terlihat para pemusik lokal yang menyuarakan suara emas dengan bernyanyi menghibur pengunjung. Kemudian mulai dari pintu masuk sudah menemukan deretan pengusaha lokal dengan beragam produk kreatifitas yang dikelola oleh masyarakat setempat.

spot foto central market



Saya berkali-kali mendapat tawaran untuk mencoba produk seperti parfum, coklat atau diajak melihat untuk membuat aksesoris dengan bahan-bahan yang disediakan oleh pelaku usaha. Ketika menelusuri sampai ke dalam pun masih banyak temukan tenant lokal dengan produk menariknya.

beli oleh-oleh kl



Liburan tahun 2024 ini, sudah 3 kali kembali mengunjungi Central Market dimana yang pertama bersama teman-teman karena mereka mau berbelanja oleh-oleh. Harga cukup miring didapatkan oleh keduanya karena saat beli lebih banyak tentu mendapatkan potongan harga.

beli coklat central market



Kemudian, Saya bepergian sendiri untuk makan siang di lantai 2 yang memang terdapat food court. Saat itu, memang sedang waktunya makan siang sehingga sangat penuh oleh warga lokal maupun turis dari negara lain.

makanan food court central market



Sistem pemesanan makanan maupun minuman di food court Central Market ini dengan cara yaitu untuk makanan harus langsung ke outlet yang dipilih. Setelah itu, mereka akan memberikan kertas yang dibawa ke kasir dan lakukan pembayaran disana. 

Setelah sudah dibayar, lalu pekerja di outlet makanan akan memberikan makanan yang sudah dipesan. Tentu saja akan menghabiskan waktu ketika pengunjung sangat ramai karena antrian cukup panjang. Setelah makanan ready, Saya pun langsung menuju tempat duduk dan memesan minum langsung ke counter yang hanya satu khusus aneka minuman.

Nah, memang kegiatan yang bisa dilakukan di Central Market tidaklah banyak. Sebatas makan, berbelanja atau jalan-jalan saja. Tetapi akan menjadi menarik dan menyenangkan dengan mengikuti kegiatan-kegiatan buat kerajinan di beberapa tenant yang memang menawarkan aktifitas tersebut.

Well, kalian sendiri sudah pernah ke Central Market? Apa saja sih biasanya oleh-oleh yang dibawa pulang dari sana? Apakah lebih suka belanja di Central Market atau tempat lain?

oleh-oleh pasar seni kl





Alamat Central Market KL

Pusat Kota Kuala Lumpur, 50050 Kuala Lumpur, Federal Territory of Kuala Lumpur, Malaysia

Business Hours: Everyday, 10.00-22.00





























You May Also Like

1 Comments

  1. Selalu di CM rin 🤣. Soalnya aku udah ga sanggub kalo harus ngubek2 sana sini cuma demi jrg murah. Capeeeek 😅😂. Udahlaah di CM aja. Semua ada gitu loh.

    Beda harga pun ga jauh kali.

    Apalagi kalo pinter nawar kan. Dan suamiku jago kalo nawar .

    Aku biasanya aku beli coklat, Milo, tas atau kaos.yg paling enak buat oleh2 lah. Trus, kalo kesana biasa naik MRT, tapi pulangnya taxi hahahahah. Ga sanggub bawa belanjaannya

    BalasHapus

Hai, Kawan Melalak Cantik. Berbagi Cerita Disini,yhaa.